Dinas KOMINFO bersama USAID ERAT Selenggarakan Pendampingan Pemanfaatan SP4N-LAPOR! bagi Komunitas Kaum Muda di Manggarai Barat

  • Kamis, 27 Juni 2024 - 08:12:17 WIB
  • Superadmin
Dinas KOMINFO bersama USAID ERAT Selenggarakan Pendampingan Pemanfaatan SP4N-LAPOR! bagi Komunitas Kaum Muda di  Manggarai Barat

Labuan Bajo, Kominfo- Koordinator USAID ERAT Kabupaten Manggarai Barat Fransiska Sugi dalam arahan pembukaan Pelatihan Pemanfaatan SP4N-LAPOR! bagi Komunitas Kaum Muda Kabupaten Manggarai Barat (25/06/2024) bertempat di Back To Bajo Café Desa Gorontalo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat menyampaikan bahwa potensi kaum muda dalam pengaduan masyarakat ke SP4N-LAPOR! merupakan hal yang sangat positif dan menjanjikan. Kaum muda adalah salah satu segmen masyarakat yang paling aktif secara digital dan memiliki akses luas terhadap teknologi informasi. Keberadaan kaum muda ini untuk memfasilitasi masyarakat menyampaikan pengaduan dan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di wilayah masing-masing. Kaum muda dapat menjangkau layanan pengaduan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat melalui aplikasi SP4N-LAPOR!. Dengan bantuan kaum muda juga diharapkan agar masyarakat yang selama ini tidak dapat mengakses aplikasi SP4N-LAPOR! dapat difasilitasi penyampaian pengaduannya oleh kaum muda, serta dengan pelibatan kaum muda juga diharapkan penyelenggaraan layanan publik di seluruh wilayah dapat dipantau dan dilaporkan secara terus menerus dengan keterlibatan aktif kaum muda. Namun demikian, penting untuk memastikan bahwa partisipasi anak muda dalam SP4N-LAPOR! juga diikuti dengan dukungan yang memadai, baik dalam hal pelatihan, sumber daya, maupun pengakuan terhadap kontribusi mereka. Dengan demikian, mereka akan merasa termotivasi untuk terus berperan aktif dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan USAID ERAT merasa perlu untuk menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan SP4N LAPOR! oleh Kaum Muda di Kabupaten Manggarai Barat jelas Fransiska.


Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan kaum muda mengenai pengelolaan pengaduan, termasuk SP4N-LAPOR! dan relevansinya dengan peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya terkait stunting dan kemiskinan, termasuk pembuatan akun SP4N-LAPOR! dan menyepakati rencana kerja bersama kaum muda terkait pemanfaatan SP4N-LAPOR! untuk peningkatan layanan publik tematik (kemiskinan dan stunting).
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan keterampilan kaum muda mengenai SP4N-LAPOR!, seperti pembuatan akun dan tata cara penyampaian pengaduan di kanal SP4N-LAPOR!. 
Komunitas kaum muda yang mengikuti kegiatan Pelatihan Pemanfaatan SP4N-LAPOR oleh Kaum Muda di Kabupaten Manggarai Barat ini adalah;  OMK Paroki MBSB Wae Sambi, OMK Paroki Rekas, OMK Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Komunitas Anak Muda Go Flores (Anti Gores), OMK Paroki St. Mikael Noa, Komunitas Guru Muda, Komunitas Perfect Fit, Komunitas Pemuda Muhammadyah Manggarai Barat, dan Komunitas Stand Up Labuan Bajo.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat Hildegunda Kartini Tulus dan Yakobus Baru (admin instatasi SP4N LAPOR) selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan Materi tentang Apa itu SP4N LAPOR! dan Alur atau proses pengelolaan pengaduan melaui kanal SP4N-LAPOR! dan Simulasi pembuatan akun SP4N-LAPOR!. Dalam pemaparannya di depan para peserta komunitas kaum muda Kabupaten Manggarai Barat Tini menjelaskan tentang latar belakang SP4N-LAPOR!, definisi SP4N-LAPOR, Maksud dan Tujuan SP4N-LAPOR!, Dasar Hukum SP4N-LAPOR!, Lembaga pengampu SP4N-LAPOR!, keterbuhubungan SP4N-LAPOR!, Alur proses SP4N-LAPOR!, Fungsi dan Kewenangan Admin dan Pejabat Penghubung, Kanal-kanal SP4N-LAPOR!, Klasifikasi Pengaduan melalui SP4N-LAPOR!, Fitur-fitur yang digunakan dalam SP4N-LAPOR!, Cara penyampaian pengaduan, arti penting pengelolaan pengaduan melalui SP4N-LAPOR!, Sasaran strategis SP4N-LAPOR! dan terakhir tentang upaya Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk mewujudkan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik melalui SP4N-LAPOR!. Dijelaskan pula tentang cara melapor yang baik yakni menggunakan kanal SP4N-LAPOR :

  1. Website/APP: www. lapor.go.id, www.manggaraibaratkab.lapor.go.id, App Lapor; SMS 1708; Sosial Media Twiter:@Lapor1708, Email :[email protected]);
  2. Uraikan kronologi laporan dengan jelas dan lengkap;
  3. Sebutkan waktu dan tempat;
  4. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
  5. Lampirkan bukti pendukung apabila tersedia; dan
  6. Kirimkan laporan dan tunggu diverifikasi. Terakhir dijelaskan tentang langkah-langkah pembuatan Akun LAPOR di website www.manggaraibaratkab.lapor.go.id atau diaplikasi Andrid.

 

  • Kamis, 27 Juni 2024 - 08:12:17 WIB
  • Superadmin

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait