Pelaksanaan Penilaian Interview Evaluasi SPBE Tahun 2023

  • Selasa, 19 September 2023 - 15:28:42 WIB
  • Superadmin
Pelaksanaan Penilaian Interview Evaluasi SPBE Tahun 2023

Dinas Kominfo, Selasa,19 September 2023; Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Drs.Fransiskus Sales Sodo di dampingi Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Hildegunda Kartini Tulus, ST menghadiri Kegiatan Pelaksanaan Penilaian interview Evaluasi SPBE Tahun 2023 bertempat di Ruang Kerja Sekretaris Daerah. 
Kegiatan ini sebagai bentuk tindaklanjut Surat Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN - RB Republik Indonesia, Nomor B/1077/KT.03/2023 tertanggal 6 September 2023, perihal Pelaksanaan Penilaian Interview Evaluasi SPBE tahun 2023, Kabupaten Manggarai Barat mendapat jadwal pada hari ini Selasa, 19 September 2023, Ruangan 1. 
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan bentuk penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE, dan juga memiliki suatu kerangka dasar dalam penerapannya agar dapat dilakukan secara terstruktur datanya dan sistematis.
Penilaian Interview Evaluasi SPBE Tahun 2023 ini bertujuan untuk memberikan penilaian atas hasil kerja atau alat yang sama bagi instansi pemerintahan dalam membangun dan mengembangkan SPBE yang terintegrasi baik, mengoptimalkan kolaborasi antar instansi pemerintahan dengan berbagi sumber daya SPBE, membantu dalam melakukan transformasi pemerintahan untuk memberikan layanan SPBE kepada para pengguna secara tepat-biaya (cost effective).
Adapun hal-hal yang dievaluasi dan  merupakan catatan penting pada 4 (empat) domain penilain SPBE antara lain :

KEBIJAKAN INTERNAL : 

 Kebijakan internal harus memiliki klausal tentang evaluasi secara periodik dan review. Data dukung berupa bukti evaluasi secara periodic perlu ditambahkan.             Sertakan matriks perubahan kebjikan internal sejak tahun 2018

TATA KELOLA SPBE :

    Bukti dukung harus dilengkapi dengan dokumen perubahan pada masing-masing indikator. Khusus TIM penyelenggara  harus melampirkan SK sejak tahun 2018 dan dijelaskan alasan perubahan SK.

MANAJEMEN SPBE :

   Harus membuat pedoman  untuk masing- masing indikator. Yang menjadi PR bagi kabupaten Manggarai Barat adalah Manajemen Aset TIK, Manajemen Layanan,     Manajemen Perubahan dan Manajemen SDM.

LAYANAN SPBE :

    Data dukung dilengkapi, dengan mengupload manual book, screenshoot  dilengkapi  dengan narasi, serta melampirkan bukti integrasi antar layanan. Contoh  SIPD dengan SIMDA SIPD dengan SIRUP

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Perwakilan perangkat daerah.  Kegiatan  berlangsung selama kurang lebih dua jam dan  berjalan lancar.
Dengan adanya koreksi  dalam kegiatan interview dan evaluasi SPBE ini,  diharapkan membawa  dampak baik dan signifikan dalam peningkatan kualitas  penerapan SPBE  di Kabupaten Manggarai Barat .*(MJ)

  • Selasa, 19 September 2023 - 15:28:42 WIB
  • Superadmin

Berita Terkait Lainnya